3 Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda

Dunia Tumbuhan Q - Setelah kami membahas artikel sebelumnya tentang Cara Budidaya Bunga Anggrek Dendrobium, sekarang saya akan mengulas artikel tentang 3 Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda.


Anggrek merupakan salah satu jenis bunga yang populer di Indonesia. Bunga ini memili beragam jenis bentuk maupun warna. yang membuat menarik yaitu sering kali dijadikan sebagai tanaman hias indor dan juga outdor. Selain itu, bisa di budidayakan untuk dijadikan bisnis.

anggrek Vanda

Anggrek adalah nama umum dari tumbuhan yang termasuk dalam keluarga Orchidacae. Anggrek dapat hidup di berbagai kondisi cuaca dan iklim. Selain itu, bunga ini juga dapat tumbuh di kawasan dataran tinggi maupun dataran rendah. Termasuk di Indonesia.

Langsung saja kita bahas, Berikut 3 Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda dengan media tanam dari dasar :

1. Persiapkan Media Tanam

Yang pertama harus kalian siapkan yaitu media tanam. Anggrek Vanda lebih cocok dan  identik beradaptasi ditanam di dalam pot hias. Maka dari itu siapkan pot hias dengan ukurannya sesuai selera. Isi pot yang sudah disiapkan dengan tanah sebagai media tanam. Selain tanah, kita juga bisa menggunaka bahan lain seperti potongan pakis, arang, pecahan batu bata dan sabut kelapa sebagai media tanamnya.

persiapan media tanam

2. Tiang Penyangga Batang

Sesudah pot dan media tanam siap, Berikutnya adalah dengan menyuplai tiang penyangga batang dari bunga anggrek tersebut. Batang dari Anggrek Vanda memang cenderung memanjnag. Jika tidak diikat dan tetap dibiarkan, batang anggrek yang tumbuh akan menjalar keluar. Supaya terlihat lebih indah gunakan tiang penahan dari kawat untuk membuahkan batang anggrek menjadi lebih rapi dan indah untuk dipandang.
tiang penyangga

3. Letakan Pot ditempat yang Tepat

Setelah anggrek ditanamkan, Langkah terakhir adalah menempatkan pot anggrek tersebut di tempat yang menurut kita strategis untuk pertumbuhannya. Perlu anda ketahui, hampir semua jenis anggrek memerlukan intensitas cahaya yang terpenuhi. Oleh karena itu tempatkan pot anggrek tersebut di tempat yang mendapatkan cahaya yang cukup. Selain cahaya matahari, anggrek juga memerlukan sirkulasi udara yang teratur (terkonsolidasi).

Letakan Pot ditempat yang Tepat

CATATAN : Itulah  beberapa langkah sederhana untuk menanam anggrek Vanda. Setelah anggrek Vanda sudah ditempatkan, langkah berikutnya adalah perawatan. Dalam perawatan harus kita pastikan pertumbuhan anggrek menjadi baik. Merawat anggrek secara benar dapat menjadikan tanaman ini tumbuh indah dan memiliki nilai jual yang tinggi.
Selain dari tahap sebelumnya, agar anggrek dapat tumbuh kembang secara membaik hal yang perlu anda ketahui lagi yaitu rutinkan pemupukan.Pupuk yang dapat digunakan yaitu  pupuk alami atau pupuk organik maupun organism,


Sekian ulasan mengenai 3 Cara Menanam Bunga Anggrek Vanda. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan penambah wawasan untuk anda yang gemar pada tanaman Anggrek. Salam Dunia Tumbuhan Q.






Blog, Updated at: 10:21

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

License Protect ANTI COPAS

Sponsors