CARA MERAWAT BUNGA MAWAR AGAR CEPAT BERBUNGA

Dunia Tumbuhan Q - Sekarang kami akan mengulas artikel tentang Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga, gimana sih caranya ? yang paling penting, kalian harus tahu dulu apa itu bunga mawar dan bagaimana cara merawatnya. langsung saja kita bahas di Duniatumbuhan.

Bunga Mawar adalah jenis tanaman yang menghasilkan bunga yang berbentuk, corak dan warna nya indah. Jenis tumbuhan ini kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Spesies mawar umumnya merupakan tanaman semak yang berduri yang tingginya bisa mencapai 2 bahkan bisa sampai 5 meter.

Ragam Bunga Mawar

Cara Menanam bunga mawar itu bisa dikatakan spesifik, gampang-gampang susah jika tidak tahu ilmunya, tetapi bisa menjadi mudah jika sudah mengetahui langkah-langkahnya. Merawat bunga ini memerlukan perlakuan atau perawatan khusus, tidak bisa dirawat hanya dengan cukup menyiramkan air setiap pagi dan sore. Melainkan ada beberapa hal yang harus diperhatika Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga.

Baca Juga Artikel : TAHAP SINGKAT CARA MERAWAT ANGGREK

Berikut ini Cara merawat bunga mawar agar cepat mengeluarkan bunga :

- Untuk tahap membudidayakan tanaman mawar ini berikut cara diantaranya. lewat biji, stek, okulasi dan cangkokan. Untuk lebih praktis Duniatumbuhan menganjurkan menggunakan metode stek. Sesuai penelitian langkah ini ampuh, karena dapat membuat bunga mawar tumbuh lebih banyak.

Biji, stek, okulasi dan cangkok bunga mawar

- Setelah masa pembusukan buah mawar selesai, angkat biji-biji mawar dari buah yang sudah membusuk dan jangan lupa tentukan biji yang menurut anda terbaik, yakni jika ditaruh di air yang membenam segera keringkanlah dibawah sinar matahari. Taburkan dengan merata menurut barisan pada jarak antar-baris 5- 10 cm didalam bak atau baskom. Proses ini akan berkecambah pada waktu empat minggu sesudah disemaikan.

Bibit mawar dan menaburkan

- Proses pemeliharaan pembibitan dilakukan dengan cara menyiram tempat penyemaian secara teratur satu sampai 2x dalam satu hari. Selanjutnya masukkan bibit mawar yang telah cukup besar ke dalam polybag kecil yang telah berisikan tanah, pasir, serta pupuk organik. Lalu kerjakan perpindahan bibit lewat cara memindahkan tanaman mawar yang sudah berusia 23 bln ke tempat yang akan anda jadikan penempatannya seperti kebun, halaman dan pot.
perpindahan anakan bunga mawar ke polybag

- Ketika menyiramnya air jangan sampai menggenang di pot/halaman rumah. Siramlah tangkai daun sampai ke tanahnya saja, jangan sampai mengenai bunga karena bunga mawar sensitif jika terkena air (mudah berguguran/cepat kering).

Penyiraman bunga mawar

- Hindari bunga mawar dari cahaya matahari langsung. upayakan menggunakan jaring atau penadah plastik putih diatas tempat anda menanam bunga mawar.

jaring perantara cahaya

- Jika ada daun yang mulai kering, gunakan metode pemotongan serong menggunakan gunting khusus yang memiliki kualitas tajam.

pemotongan daun bunga mawar yang kering

- Jangan lupa berikan pupuk kandang atau pupuk buatan. Pemberian pupuk dikerjakan lewat cara disebar sampai rata dengan tanah supaya terserap sampai ke akarnya.

pupuk kandang buatan


Selamat Mencoba !!!

Sekian ulasan mengenai Cara merawat bunga mawar agar cepat berbunga. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan penambah wawasan untuk anda yang gemar pada tanaman. Salam Dunia Tumbuhan Q.


Blog, Updated at: 22:34

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

License Protect ANTI COPAS

Sponsors