8 Jenis Bunga Anggrek Populer di Indonesia

Dunia Tumbuhan Q - Anggrek merupakan tanaman hias yang paling banyak diminati. Dengan beragam warna dan bentuk kini anggrek menjadi salah satu primadona dikalangan masyarakat pada umum nya terutama 8 Bunga Jenis Anggrek Populer di Indonesia.

Berdasarkan pertumbuhannya anggrek dibagi menjadi 2 kelompok :

Monopodial
Anggrek ini hanya memiliki satu titik tumbuh batang dan satu titik tumbuh saja. bunga nya pun hanya tumbuh dari ujung batang. Contoh Anggrek yang masuk kedalam golongan Monopodial adalah Anggrek Vanda dan Bulan.

Simpodial
Anggrek jenis ini mempunyai lebih dari satu titik tumbuh. Tunas baru muncul dari sekitar batang sentral. Bunganya bisa muncul pada pucuk ataupun sisi batang, tetapi ada pula yang muncul dari akar tinggal. Batangnya menyimpan air cadangan makanan/umbi semu.

Jadi apa saja Bunga Anggrek pada umumnya yang ada di Indonesia ?

Berikut ini 8 Jenis Bunga Anggrek Populer di Indonesia :

1. Anggrek Bulan
Anggrek bulan adalah salah satu bunga yang fenomenal di Indonesia. Karena apa ? karena sudah tidak diragukan lagi kecantikannya. terlihat dari segi bentuk kelopaknya dan juga varian warna yang tidak dimiliki oleh bunga lain, benar-benar menyejukan mata siapapun yang melihat nya.

Contoh Gambar Anggrek Bulan

Anggrek yang memiliki nama latin Phalaenopsis Amabilis ini mempunyai ciri khas kelopak bunganya yang lebar dan berwarna putih. Daunnya berwarna hijau dengan bentuk yang memanjang sedangkan akarnya berwarna putih dengan bentuk bulat memanjang. Bunga ini memiliki aroma yang sedikit harum ketika mekar.

Baca juga artikel 7 Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan

2. Anggrek Dendrobium
Anggrek Dendrobium adalah salah satu golongan anggrek epifit yang sering digunakan sebagai tanaman hias di ruang atau taman. Bunganya begitu bervariasi dan indah. Dendrobium relatif mudah dipelihara dan berbunga. Anggrek ini sangat mudah ditemukan di Indonesia.

Contoh Gambar Anggrek Dendrobium

Pola pertumbuhan anggrek Dendrobium memiliki ujung batang yang terbatas. Batang ini bakal tumbuh terus dan akan berhenti setelah mencapai batas maksimum. Pertumbuhan ini akan dilanjutkan oleh bunga baru yang tumbuh di sampingnya. Pada anggrek ini terdapat penghubung yang disebut rhizoma/batang di bawah tanah. Dari rhizoma ini akan keluar tunas rente baru. Di antara rhizoma dan daun ada semacam umbi yang disebut pseudobulb (umbi palsu). Ukuran maupun bentuk pseudobulb beranekaragam

Baca juga artikel Cara Budidaya Bunga Anggrek Dendrobium

3. Anggrek Vanda
Anggrek Vanda adalah salah satu jenis tanaman hias dari spesies anggrek yang mendapat sanjungan dari pecinta tanaman. Karena keindahan dan kemolekan bentuk dan warna bunganya. Anggrek hias yang satu ini memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis anggrek lain.

Contoh Gambar Anggrek Vanda

Bunga Anggrek Vanda selain terkenal dengan ukuran dan bentuk bunga nya yang besar dan begitu beragam, juga terkenal oleh variasi warnanya.

Berdasarkan jenis daunnya Anggrek Vanda dibedakan menjadi 3 :
-Vanda Daun
-Vanda Teres
-Vanda Semiteres

4. Anggrek Tanah
Anggrek tanah adalah tanaman dari spesies anggrek yang hidup di tanah (Terestial). Bunga Anggrek tanah berasal dari daerah kepulauan pasifik (Hawai  dan Florida) kemudian menyebar ke kawasan tropis seperti Indonesia dan semitropis. Naman latin dari bunga ini adalah Spathoglottis Plicata Blume.

Contoh Gambar Anggrek Tanah

Bunga anggrek tanah mempunyai satu jenis warna yaitu merah muda. bunganya tumbuh dari pucuk tanaman. Anggrek satu ini dapat tumbuh dengan baik hanya dengan menggunakan media tanah. Pertumbuhannya bisa mencapai ketinggian kurang lebih 45 cm, daunnya memanjang hingga 12 sampai dengan 65 cm.

5. Anggrek Cattleya
Anggrek kattleya termasuk spesies simpodial, yaitu pertumbuhan ujung-ujung batangnya yang seadanya. Setelah mencapai batas maksimal pertumbuhan tanaman ini akan terhenti dan kemudian membentuk rumpun dari tunas-tunas anakan.

Contoh Gambar Anggrek Cattleya

Anggrek Cattleya adalah salah satu jenis anggrek yang hidup menumpang pada pohon lain atau disebut epifit. Anggrek ini diberi nama Cattleya oleh John Lindley pada tahun 1824 setelah Sir William Cattley berhasil membudidayakan spesimen Cattleya Labiata.

Anggrek cattleya mempunyai kemampuan berbunga yang berbeda. Dapat dilihat dari bentuk daunnya, apabila daunnya lebar dan pendek maka anggrek cattleya sering berbunga. Apabila daunnya sempit dan panjang maka anggrek cattleya tersebut jarang berbunga.

6. Anggrek Oncidium
Anggrek Oncidium termasuk jenis anggrek yang tumbuh pada habitat tropis dan subtropis. Bunga ini dijuluki Dancing Lady karena bibir (labellum) mekar seperti baju gadis yang sedang menari. Pada umumnya tumbuh di daerah kering. kebutuhan cahaya anggrek oncidium ini bervariasi dan tahan dari lebih banyak cahaya yaitu berkisar antara 20%-60%.

Contoh Gambar Anggrek Oncidium

Di Indonesia sendiri banyak ditemukan jenis anggrek oncidium misalnya : Oncidium Sharry Baby, Oncidium Wild Cat ‘Rainbow’, Oncidium White Fiary dan masih banyak lagi.

7. Anggrek Tebu
Anggrek tebu dalam bahasa latin Grammatophyllum speciosum merupakan anggrek terbesar, paling besar dan paling berat diantara jenis-jenis anggrek lainnya. Dalam satu ikatan dewasa, anggrek tebu dapat mencapai berat lebih dari 1 ton dan mempunyai panjang hingga 3 meter dengan diameter sekitar 1,5-2 cm. Karena itu tanaman ini layak menyandang julukan Anggrek raksasa.

Contoh Gambar Anggrek Tebu

Bunga anggrek tebu tergolong tahan lama dan tidak mudah layu. Meskipun telah dipotong batangnya, bunga raksasa yang super besar dan berat ini mampu bertahan hingga 2 bulan. Bunga ini termasuk jenis anggrek epifit. Sangat mudah dicari di hutan hujan Indonesia.

8. Anggrek Cymbidium
Dari banyaknya macam bunga anggrek, Cymbidium termasuk salah satu yang paling terkenal dan tumbuh baik didaerah iklim sedang dan tropis yang sejuk. Terutama di Indonesia.

Contoh Gambar Anggrek Cymbidium

Anggrek jenis Cymbidium juga dikenal sebagai ‘raja bunga anggrek’ dan pada dasarnya terdapat tiga macam yaitu ukuran standard, medium dan mini. Yang ukuran standard, bunganya bisa besar sekali dan lebih dari 20 bunga setiap tangkainya. Yang ukuran mini seringnya ditanam dipot yang digantung karena bunganya yang kecil-kecil merunduk kebawah. Terdapat banyak sekali warnanya, mulai dari merah, pink, kuning, oranye, hijau, putih, kecoklatan dan bahkan hitam.


Sekian ulasan mengenai 8 Jenis Bunga Anggrek Populer di Indonesia. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan penambah wawasan untuk anda yang gemar pada tanaman Anggrek. Salam Dunia Tumbuhan Q.






Blog, Updated at: 03:42

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

License Protect ANTI COPAS

Sponsors