CARA BUDIDAYA BUNGA ANGGREK DENDROBIUM

Dunia Tumbuhan Q - Anggrek Dendrobium adalah salah satu spesies anggrek epifit yang biasa digunakan sebagai tanaman hias ruang maupun halaman. Bunganya sangat bervariasi dan indah. Dendrobium relatif mudah dipelihara dan berbunga. Maka dari itu kita harus mengetahui Cara Budidaya Anggrek Dendrobium.


Ragam pertumbuhan anggrek Dendrobium berjenis simpodial, artinya memiliki pertumbuhan ujung batang terbatas. Batang ini tumbuh terus dan akan berhenti setelah mencapai batas maksimum. Pertumbuhan ini akan dilanjutkan oleh tangkai baru yang tumbuh di sampingnya. Pada anggrek simpodial ini tampak penghubung yang disebut rhizoma atau batang di bawah tanah. Dari rhizoma ini yang akan mengeluarkan tunas tangkai baru. 

Baca juga artikel kami : 7 Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan

Contoh gambar ragam anggrek dendrobium

Berikut Cara Budidaya Bunga Anggrek Dendrobium menurut Ilmu Pengetahuan Alam :

- Kebutuhan cahaya matahari untuk jenis anggrek dendrobium ini jauh lebih besar dibutuhkan ketimbang jenis anggrek lain. yaitu sekitar 50 – 60%, oleh sebab itu diperlukan tudungan paranet. Sedangkan untuk temperatur 28 – 32 derajat Celcius dan kelembaban 50% merupakan suhu yang tepat untuk anggrek dendrobium.

- Anggrek dendrobium lebih kedap diruangan yang terbuka. Tetapi bila tidak memungkin dan anggrek dendrobium harus ditempatkan pada ruang tertutup, maka pemberian kipas angin sangat diperlukan agar anggrek dendrobium tetap dalam kesegaran dan kondisi yang baik.

- Untuk memadai kebutuhannya, Anda dapat melakukan penyiraman 2 kali sehari di waktu yang tepat, penyiraman dimulai pada pukul 08.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. Tapi pada kondisi cuaca sedang hujan, penyiraman cukup dilakukan 1 kali sehari pukul 15.00 WIB. Bila anda ingin mengetahui perbedaan anggrek yang sudah disiram/belum, yakni dengan cara melihat kondisi batangnya. Jika batang anggrek dendrobium terlihat mengeras dan padat itu tanda nya sudah terisi cukup air, dan sebaliknya jika batang terlihat keriput/mengerut, dipastikan anggrek dendrobium masih memerlukan air..

- Agar anggrek dendrobium terhindar dari serangan hama atau penyakit, maka pemberian insektisida dan fungisida sangat dianjurkan. Pemberiannya diberikan pada waktu penyemprotan sore hari sekitar pukul 16.00 WIB dengan dosis 1 minggu sekali .

- Apabila Anda ingin mengetahui pertumbuhan anggrek dendrobium yang lebih baik, pemupukan sangat di anjurkan dilakukan setiap dua minggu sekali, dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur Nitrogen, Phospor dan Kalium. Caranya dilarutkan dengan air dan disemprotkan disekitar akar-akar anggrek dendrobium.

CATATAN : Jika hal tersebut Anda lakukan secara rutin, maka bukan hal mustahil anggrek dendrobium akan cepat menghasilkan bunga tentu hasilnya pun sangat memuaskan. Namun ada satu hal yang perlu anda ketahui, yaitu menjaga kebersihan tempat anggrek dendrobium, mau itu di pot atau ruangan dari gulma dan genangan air. Karena bila ini tidak diperhatikan, maka pertumbuhan anggrek Anda akan terganggu.

Sekian ulasan mengenai CARA BUDIDAYA BUNGA ANGGREK DENDROBIUM. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan penambah wawasan untuk anda yang gemar pada tanaman Anggrek. Salam Dunia Tumbuhan Q.


Blog, Updated at: 09:54

0 komentar:

Post a Comment

Iklan

License Protect ANTI COPAS

Sponsors