7 Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan

Dunia Tumbuhan Q - Setelah kami membahas artikel sebelumnya tentang 8 Jenis Bunga Anggrek Populer di Indonesia , sekarang saya akan mengulas artikel tentang 7 Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan.

Siapa yang tidak mengenal tanaman yang satu ini, Anggrek Bulan adalah salah satu jenis tanaman terkenal asli dari Indonesia dan sudah menjadi primadona dikalangan pecinta Bunga. Namun, apa jadinya jika kita salah merawat Anggrek Bulan ? bisa jadi si primadona ini ngambek dan enggan untuk berbunga... hehe.

Untuk itu langsung saja kita bahas 7 Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan agar mekar bunganya, bisa kita nikmati untuk memanjakan mata kita dikala letih,suntuk,capek disaat pulang kerja kan ? selain itu bisa mempercantik ruang tamu/halaman rumah kita.

Baca juga artikel : CARA BUDIDAYA BUNGA ANGGREK DENDROBIUM

Beberapa langkah awal tips merawat nya sebagai berikut sobat :

1. Letakan ditempat yang sesuai
Anggrek Bulan pada dasarnya tidak memerlukan paparan sinar matahari yang banyak, cukup 20% saja setiap harinya. Tempatkan anggrek pada tempat yang beriringan, misanya dibawah pohon rindang atau digantung diatap lantai rumah. Bagusnya suhu yang bisa diterima anggrek pada siang hari adalah sekitar 30 derajat celcius dan 23 derajat celcius tepatnya di malam hari.

meletakan anggrek yang benar

2. Perhatikan kelembabannya
Penyiraman secara teratur bisa membuat anggrek tumbuh dengan baik, Akan tetapi air berlebihan justru bisa merusak tanaman anggrek bulan. Tanaman ini hanya bisa menerima tingkat kelembaban paling tinggi 70%. Seumpama media tanam terlampau basah, anggrek akan mudah menjadi busuk karena jamur atau bakteri yang berkembang di media tanam.

kelembaban anggrek

3. Ketahuilah Anggrek dari daunnya
Tahukah Anda, hasil perawatan pada anggrek bulan dapat kita ketahui dari warna daunnya. Saat daun anggrek bulan berwarna hijau, itu artinya anggrek mendapatkan intensitas cahaya matahari yang cukup. Bilamana daunnya berwarna hijau tua itu menandakan anggrek kurang mendapatkan intensitas sinar matahari. Sedangkan jika daun anggrek berwarna kecoklatan/seperti terbakar, itu tandanya anggrek kelebihan intensitas cahaya matahari.


Daun Anggrek

4. Lihatlah sirkulasi udara disekitar
Tiupan angin yang cukup baik akan mempercepat pertumbuhan anggrek bulan. Selain itu bunga yang dihasilkan akan mekar sempurnya. Hembusan angin pun mampu menjaga kondisi suhu dan kelembaban lingkungan. Tetapi jika mempunyai sirkulasi udara yang kurang baik, maka kipas angin bisa dipasang untuk menggantikan hembusan angin alami.

Sirkulasi Udara

5. Lakukan penyiraman tepat waktu
Untuk penyiraman hendaknya dilakukan 2 kali sehari ataupun 3 kali sehari saat udara sedang panas. Penyiraman yang baik yaitu saat pagi dan sore hari, Cara penyiramannya diarahkan langsung ke akar menggunakan air bersih.

Penyiraman Ontime


6. Jaga asupan nutrisi
Pemupukan yang teratur merupakan cara yang efektif untuk menjaga ketersediaan asupan nutrisi bagi pertumbuhan anggrek bulan. Pemberian pupuk yang rutin juga dapat membuat tanaman menjadi subur dan rajin berbunga. Sebaiknya pupuk yang digunakan memiliki kandungan Kalsium, Phospor, dan Kalium, Lakukan secara rutin setiap 2 minggu sekali. Pupuk bisa diberikan dengan cara dilarutkan dan disemprotkan dengan sprayer. Dianjurkan juga Bila perlu berikan pupuk daun agar anggrek semakin terlihat cantik dan mempesona.

Asupan Nutrisi Anggrek Bulan

7. Antisipasi hama dan penyakit
Agar terhindar dari serangan hama dan penyakit, maka perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida setiap 1 minggu sekali yang dilakukan pada sore hari.

antisipasi Hama dan penyakit

Sekian ulasan mengenai 7 Tips Merawat Bunga Anggrek Bulan. Semoga tulisan ini bermanfaat dan bisa dijadikan penambah wawasan untuk anda yang gemar pada tanaman Anggrek. Salam Dunia Tumbuhan Q.


















Blog, Updated at: 23:09

1 komentar:


  1. Thanks for sharing.. yuk bagi yang minat order atau jadi reseller tas kita, Sebelum kehabisan model2 yg lagi update,bisa kunjungi katalog kita di pabrik tas kita,..
    toko tas kita menyediakan banyak model tas cewek, tas kantor yang bisa di pilih-pilih, pemesanan bisa partai besar maupun kecil dengan harga relatif murah

    NB : HATI2 DI PABRIK TAS JOGJA INI BANYAK TAS2 BAGUS dan KECE !!!

    Thank's.

    ReplyDelete

Iklan

License Protect ANTI COPAS

Sponsors